Blog · Lifestyle

“Menjadi One Step Ahead Mom agar anak sukses jadi One Step Ahead Kid”

Melihat tumbuh kembang anak ternyata gemes-gemes gimana gitu.. Mengenali kemampuannya, potensinya, hingga menjawab pertanyaan orang sekitar tentang, “Anaknya udah bisa apa aja? Udah sekolah belum, sekolah dimana? Ikut kelas tambahan nggak? Ikut gym ngga? Makannya susah nggak?” dan lain-lainnya yang bikin otak dan hati cenut-cenut…

Yaah, semua harus dijawab dengan legowo dan semangat tentunya, supaya si Anak tetap jadi One Step Ahead Kid alias anak yang selalu maju selangkah. Semangat dari Mamanya, yang harus juga maju satu langkah duluan dong, biar ga kalah, dan pastinya membuat anak juga meniru semangat Mama.

Setelah ikut acara Nutrilon Royal One Step Ahead Academy – Celebration Day, Jum’at 23 November 2018 di The Maj Senayan, aku makin semangat untuk mengembangkan potensi anak, tentunya dengan stimulasi dan nutrisi terbaik.

Beberapa faktor yang memengaruhi tumbuh kembang anak adalah: nutrisi, lingkungan, dan genetik. Harus dipahami betul yaa ini Moms, supaya kita ga ngoyo, tapi juga nggak malas.

Ada 6 keterampilan dasar pada anak yang harus kita kenali. Dan semuanya lengkap dipresentasikan di One Step Ahead (OSA) Academy Nutrilon Royal hari ini, dengan 6 stand yang menarik minat anak-anak. Sampe Taqiyya ga mau pulang, bahkan setelah acara selesai :’) Oh iya, sebelumnya, kalau Moms juga ingin tahu potensi terbaik yang dimiliki si kecil, Moms bisa ikut tes di http://www.onestepaheadacademy.co.id . Yuk, support si kecil dengan mendukung bakat yang dimilikinya agar Ia bisa selangkah lebih maju!

Keterampilan Kognitif

Kemampuan berfikir, yang mencakup kemampuan intelektual sederhana.

Di stand Kognitif, anak-anak bebas main balok warna-warni berbahan spons, sehingga aman untuk anak usia 1-3 tahun. Merangsang kognitif mereka untuk mengenal warna, bentuk, dan membangun.

Keterampilan Interaktif

Di stand Interaktif, ada karpet piano, yang akan berbunyi saat diinjak. Seru banget deh pada lari-larian disini.

Ÿ Keterampilan Verbal

Kemampuan anak untuk berkomunikasi, mengingat anggota tubuh, nama-nama benda, menempatkan bagian tubuh.

Di stand verbal, Taqya main puzzle magnet dengan gambar  kelinci dan gajah. And she nailed it! Mentornya super ramah, bikin Taqya betah ga mau pindah 😀

Ÿ Keterampilan Motorik Halus

Penggunaan otot kecil untuk menggerakkan objek. Dapat dilatih dengan cara memegang benda kecil di antara jari, menggunakan tangan dan jari ketika melakukan aktivitas permainan tertentu, dll.

Meronce, merenda, menempel, jadi fokus kegiatan disini. Seru banget, ternyata melihat secara detail dan rinci itu sangat melatih fokus anak. Dan kita bisa tahu, anak kita berpotensi gak sih dengan hal-hal detail, atau justru lebih senang lari dan memanjat?

Ÿ Keterampilan Kreatif

Menciptakan sesuatu sesuai dengan imajinasinya.

Di stand Kreatif, Taqya dipersilakan membuat cupcake kertas dengan pilihan warna dan motif yang ia suka. Ada googley eyes yang bergerak-gerak! Lucuuu!

ŸKeterampilan Fisik

Tentunya ini sangat berkaitan dengan aktivitas fisik, seperti berlari, melompat,memanjat, merangkak, dsb.

Stand ini paling ruamee dengan anak-anak. Karena ada playhousenya, yang pasti ada prosotannya. Duh udah rebutan deh ini. Nah, di ketrampilan fisik inilah Taqya masih cukup kurang. Karena dia gak terlalu suka manjat dan kadang nunggu tempat mainnya sepi dulu baru dia mau main dengan leluasa. Takut kena sikut kali yaa 😀 tapi gapapa, Alhamdulillah setelah sekolah dan sering main dengan anak lain, dia jadi makin berani!

Dihadiri oleh tiga narasumber istimewa, ada Acha Septriasa, aktris dan juga ibu dari si lucu imut gemessh Brie (Bridgia Kalina Kharisma) yang usianya 14 bulan alias 1 tahun 2 bulan. Para ahli, dr. Tinuk Agung Meilany Sp.A (K), spesialis nutrisi anak. Juga Ajeng Raviando, M.Psi, psikolog yang adem banget presentasinya, menarik, lembut, namun menusuk para orang tua yang kadang terlalu over-protective dan juga over-stimulant pada anaknya. Keren deh, narasumber hari ini.

Lanjut ke sesi yang ditunggu-tunggu, yaitu wisuda para OSA Kids. Anak-anak pintar dan imut yang terpilih dari OSA Academy.

Beberapa notes dari para narasumber di event kali ini, untuk jadi One Step Ahead Moms, kita harus :

Bisa identifikasi potensi anak :

  • Kepekaan dan kejelian
  • Pemahaman terhadap beberapa bidang minat
  • Observasi dan observasi lagi
  • Eksplorasi minat
  • Pilih satu-dua, lalu kembangkan
  • Kembangkan bakat anak, bukan bakat/keinginan orang tuanya (nah point yang ini, sebagai orang tua kadang suka memaksakan karena merasa tahu yang terbaik, padahal belum tentu si anak sanggup)

Ajarilah anak dengan cara POSITIVE PARENTING, yaitu dengan berkomunikasi secara efektif.

  • Komunikasi efektif 2 arah
  • Sampaikan pesan dengan jelas agar anak mengerti
  • Anda juga harus bisa mendengarkan dengan hati
  • Terapkan koneksi mata, berbicara dengan mata ke mata pada anak, tanpa gadget dll.

Duh, cinta banget deh setiap ada event kaya gini. Meneduhkan hati dan memberi semangat lagi supaya gak berhenti observasi potensi anak. Akhirnya semakin yakin kalau potensi Taqya, si anak 4 tahun ini, ada di keterampilan kognitif, motorik halus, verbal dan interaktif. Yuk, #kenalipotensinya di #onestepaheadacademy !!

Untuk tahu lebih lanjut, Moms bisa cek lengkapnya disini https://bit.ly/2Ez1xJZ

 Yay, dapat bento suppakyut!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google photo

You are commenting using your Google account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s